Rabu, 26 Juni 2013

Sponge Cake Marmer


Libur Natal lalu saat keluarga ngumpul di kampung halaman seruuu banget kumpul bocah, itung2 ternyata ponakan ada 6 tambah anakku 2 batita waah rame abiss. Tapi ya gitu ngumpul artinya juga pesta makanan. Ganti2an yang emak2 pada masak dg berbagai menu ditambah juga dengan jajan di pastrad (pasar tradisional) dekat rumah waah komplit serunya. Nah kue ini salah satu rekues para ponakan, antusias sekali mereka mengikuti proses pembuatannya, bahkan saat adonan mulai masuk oven listrik jadul punya eyang (ibuku) waah ganti2an mereka mengintip ke dalam oven hehehe. Daan saat harum kue mulai menyeruak... waah teriak2 girang mereka, apalagi saat kukeluarkan kuenya waah ga sabar pada minta hehehe serunyaa... senanglah hati bude/buliknya ini:)

Cake ini kubuat dg resep sponge cake NCC tapi sedikit adonan kuambil dan kucampurkan bubuk coklat, kemudian aku masukkan ke adonan putih dan dibentuk marmer dengan menggunakan tusuk sate. Berikut resepnya:

Resep Dasar Sponge Cake
Penulis Ibu Fatmah Bahalwan

8 butir telur
200 gram gula pasir halus/gula kastor
1 sdm emulsifier
225 gram tepung terigu
100 gram margarin(lelehkan)
(tambahan dari aku: bubuk coklat secukupnya)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat celcius, oleskan loyang dengan margarin.
2. Kocok telur & gula sampai naik, masukkan cake emulsifier, kocok terus hingga kental & berjejak.
3. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
4. Masukkan margarin cair aduk rata (yg rata ya biar ga mengendap). 
5. Tuang dalam loyang, (ambil sedikit adonan, campur coklat bubuk, masukkan acak dan buat motif marmer) panggang hingga matang (tes tusuk, bila adonan tidak ada yg menempel, angkat).


Sponge Cake di Loyang Tulban
Tips: untuk adonan sponge cake sebelum masuk oven adonan bisa dibanting dulu di meja beberapa kali (pelan yaa biar ga tumpaah:) untuk mengeluarkan udara berlebih yang bisa menyebabkan adonan mengembang berlebihan dan mengempis di luar oven (ini tips dari ncc looh n it's true)

Seingatku adonan ini jadi kue loyang cincin 22 cm dan loyang loaf 22 cm, lumayan banyak lah:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar