Minggu, 22 September 2013

Edamame Rebus


Ngemil sehat yuuks! All, pasti tahu kan yang namanya edamame? Itu loh kedelai jepang yang biasa dijual di SPM. Kalo di restoran jepang biasa disajikan direbus kadang ditaburi garam... Untuk khasiatnya mantab looh bisa baca di http://health.kompas.com/read/2011/11/01/13463338/ :"Dulu kedelai rebus sering dianggap makanan murahan. Mereka yang mengonsumsi makanan ini juga dianggap kurang modern. Padahal, kedelai merupakan sumber protein, lemak, serat, dan antioksidan terbaik.
Seiring meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat, kini kedelai kembali naik daun. Terlebih lagi sejak kepopuleran edamame (kedelai Jepang) sebagai camilan. Edamame dipanen ketika kedelai ini baru 80 persen matang. Yang membedakan edamame dengan kedelai lain adalah bijinya lebih besar, teksturnya halus, rasanya lebih manis, dan lebih mudah dicerna.
Edamame mengandung antioksidan dan isoflavon. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dikaitkan dengan penguatan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko kanker.
Isoflavon juga terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause.
Sementara itu, kandungan protein di dalam edamame mencapai 36 persen, jauh lebih tinggi dibanding kedelai matang. Panganan ini juga mengandung minyak yang rendah. Dikombinasikan dengan kandungan proteinnya yang tinggi, camilan ini sangat ideal untuk mereka yang ingin mencari panganan rendah lemak, tetapi tinggi protein..."
Nah kan daripada beli di resto jepun yang mihil gimana kalo bikin ndiri? Yuuk bikin yuuk ala Dapur Vinto:
Edamame Rebus ala Dapur Vinto
500 gr  Edamame, cuci
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
Air secukupnya (kurleb 1 liter)
Air matang dingin secukupnya
Cara:
1. Siapkan  seliter air , masukkan gula dan garam 
2. Masukkan edamame dan rebus sampai mendidih, biarkan mendidih kurleb 10 menitan lah sampai matang.
3. Angkat saat edamame mulai ada yang pecah, angkat, tiriskan dan siram dengan air dingin untuk menghentikan pemasakan agar edamame tetap hijau.
4. Sajikan panas-panas... kalo mau bisa ditaburi garam halus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar