Selasa, 09 Juli 2013

Bolu Kukus Ketan Hitam


Tepung Ketan Hitam!! Jangan dilihat bentuknya! Jelek banget kayak pasir hehe tapi si eksotik ini legit bila dibuat cemilan terutama bolu kukus..

Cerita lalu aku jatuh cintrong dengan dunia perbakingan juga karena penasaran sama si hitam ini. Awalnya my suhu, my sohib, teman sekantor & tetangga rumah: mbak Heni  (matur nuwun ya budhe! Kiss2 n big hug!) membawakan penganan ini ke kantor... waaa aku terpana oleh legitnya dan mbak Heni bilang kalo mudah loh membuatnya dan berjanji membawakan tepung ketan hitam yang dibelinya di Pasar Pocong (hiii syerem amat sii namanya, tapi emang gitu... kalo yang pernah dengar pasti ngeh aku tinggal di daerah mana hehe). Singkat cerita aku memberanikan membuat bolu kukus ketan hitam. Pertama-tama dengan resep yang tertera di balik bungkus tepung ketan hitam, dan berikutnya baru cari-cari resep lain...

Naah ini memang bolu kukus ketan hitamku yang ke sekian, kali ini pake resep NCC tercintah:


Bolu Kukus Ketan Hitam
Resep Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :
6 btr          Telur
200 gr        Gula Pasir
1 sdt          Cake Emulsifier
350 gr        Tepung Ketan >> pake 300gr aja yg ada
¼ sdt         Garam
150 ml        Minyak sayur
200 ml        Santan

Cara membuat :
Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm (pake cetakan bulat) yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Tips: pake api sedang aja biar hasilnya cantik, jaga api agar merata (jangan kena banyak angin gituh) dan jangan lupa tutup dandang dilapisi serbet yang diikat untuk menahan titik-titik air jatuh ke bolu yang membuat bopeng-bopeng.

Setelah 40 menit deg2an juga mau buka kukusan... tutup dibuka dan huuup angkat loyang tuang balik ke piring sesuai pesan Ci Shirley - dapur solia- biar bolu ga menciut... eh bener looh hasilnya cantix daripada karya saya sebelomnya hehe - makasih Ci Shirley! Bolu juga cantik tidak bopeng2 lagi setelah menyimak tips2 temen2 NCC >>> aaah makin cintah deh ama milis NCC:)

Hasilnya enaaak & spongy... tapi kata suami kurang manis, dia lebih suka resep bolu ketan hitam yg pake mentega - haiyaa beda harga itu sih:) ... Paginya dibagi ke teman2 kantor juga dibilang enak... hanya 1 orang yg bilang kurang manis... hihihi kembali ke selera ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar