Kamis, 18 Juli 2013

Cheese Chicken Nugget


Cari-cari resep homemade nugget yang sehat tapi uenak buat ananda tercinta memang bikin penasaran.. Dan setelah mencoba berbagai resep chicken nugget akhirnya pada resep inilah hatiku tertambat, resep dari Bunda Mia yang sangat tenar di milis NCC (makasih Bunda Mia yang baik hati, punya blog juga kah? semoga sharing hasil jerih payahmu mendapat pahala berlimpah dariNYA).

Next.. karena udah coba sendiri dan anakku doyaan (termasuk emak bapaknya) so aku bagi-bagikan lagi resep ini untuk teman2 kantor maupun satu jemputan... dan memang banyak yang suka!

Berikut resep asli dan >> adalah modifikasi alias eksekusi dari Dapur Vinto:


CHICKEN NUGGET SPESIAL MIA NCC
Modifikasi eksekusi by Dapur Vinto

BAHAN :
1. Dada ayam fillet 1 kg (potong agak kecil2)
2. Roti tawar kupas 1 lembar
3. Susu evaporated kurang lebih 125-150 ml (feeling aja yaa, itu jumlah kurang lebihnya)
       >> 125 ml F&N
4. Telor 1 butir
5. Keju cheddar minimal 50 gr (lebih banyak lebih enak) parut >> DV: 180 gr alias 1 pack keju   Kraft cheddar
6. Bawang bombay 1 butir yg sedang cincang halus
7. Skm 1 sachet >> DV: Susu kental manis Frisian Flag gold 1 sachet 
8. Tepung maizena 30 gram
9. Tepung sagu tani 50 gram
10. Oregano secukupnya >> 1 sdt 
11. Margarin untuk menumis 2 sdm
12. Garam,lada,gula pasir secukupnya (dikira2 ya sesuai selera)
      >> Dapur Vinto: Garam 3 sdt, lada 1 sdt, gula 2 sdt                                                          

BAHAN CELUPAN :
1. Putih telur >> Pakai 4 telur utuh kocok lepas/5 putih telur 
2. Bread crumb/ tepung roti yg kasar >> kurleb sebungkus besar Mama Suka

CARA:
1. Rendam fillet ayam yg sudah dipotong2 dengan susu selama kurang lebih 8 jam (biasa saya rendam malam, pagi2 dibikin) simpan diwadah tertutup masukan ke kulkas (chiller aja)

2. Blender fillet ayam,telor,roti tawar, garam,gula pasir dan susu bekas rendaman, (kl saya blendernya tdk sampai halus biar masih terasa ayamnya), sisihkan.

3. Tumis bombay cincang dengan margarin sampai harum, matikan, biarkan agak dingin.

4. Setelah dingin masukan bombay tumis, parutan keju, skm, maizena,sagu tani,oregano,lada (pas disini kalau kurang asin atau krg manis bisa ditambah sesuai selera) ke adonan fillet tadi aduk sampai benar2 rata. (kata Bunda Mia: biasa saya rebus air sedikit, lalu ambil adonan sedikit lalu direbus, dicoba pas tdk asin manisnya hehe,,setelah dirasa enak baru ke step no.5 - DV: coba pake takaran DV di atas kayaknya udah pas deh:)

5. Masukan ke loyang yang telah dialas daun pisang atau kertas roti, kukus kurang lebih 40 menit. (pengukusnya tutupnya dibungkus kain serbet ya biar airnya tidak terlalu banyak netes ke adonan).

6.  Keluarkan dari kukusan, balikan adonan diatas rak agar air dr kukusan keluar semua.
     >> DV: Cuma aku miringin loyangnya sampai air berlebih keluar loyang

7. Hangat2 lepaskan adonan dr loyang, potong2 sesuai selera, kl saya dipotong stik ukuran 2x5 cm jadinya 1 kg lebih >> potong2 memanjang jadi kurleb 1,5 kg... banyak ituh:)

8. Biarkan sebentar/masuk kulkas agar adonan yg sdh dipotong mengeras,lalu celup dengan putih telur dan taburkan ke tepung roti kasar (saya pake bread crumb Mama Suka) simpan difrezzer. kalau mau makan langsung goreng aja.

DV: Pic nugget di atas adalah nugget yang siap goreng, pic yang sudah digoreng belum ada karena sebelum difoto sudah lenyap habis dimakan hehehehe... Nugget aku buat saat dua batitaku sakit masuk angin hingga mumun hampir dua hari dan ga doyan makan hiks... Untungnya setelah nugget matang si sulung mau makan dengan nasi aja daaaaaaaan habis banyak!!! Syukur tak terhingga bikin emaknya lega:D 

Catatan Dapur Vinto:
- Daging ayam fillet jangan lupa potong kecil2, pengalaman mengajarkan kalo langsung diblender bisa2 urat daging nyangkut di pisau blender dan bikin panas alias si blender ngambeg.. Pertama aku bikin itulah yang terjadi.... akibatnya tenaga kuli harus dikeluarin untuk nguleg sekilo ayam hahahaha ;-p
- Untuk oregano bisa bikin nugget lebih wangi & spicy, tapi jangan banyak2 tar pahit
- Catatan hasil wawancara dengan Bunda Mia sang empunya resep: beda memanir dengan putih telor vs telor utuh: dengan putih telur penggorengan akan lebih bersih tanpa busa, bila dengan telur utuh digoreng akan ada sedikit busa tapi rasanya lebih gurih. Kalo dari pengalaman DV untuk penggunaan telur sih ga terlalu pengaruh, putih telur butuh kurleb 5 putih telur, telur utuh butuh kurleb 4 telur karena memanir dengan telur utuh menurut saya lebih sulit... lengket gituh jadi malah ga efisien hehe.

Silakan dicoba karena pasti enak dan sehat untuk keluarga.. kalo malas bikin ya sini aku buatin hehehe 

2 komentar:

  1. Bunda VinTo, aku ijin praktek yah.. Ntar kalo lagi males bikin aku order aja ke bunda VinTo (lebih sering malesnya dari pada rajinnya). Thank you.

    BalasHapus
  2. Bunda Vinto salam kenal, setelah aku googling kemana-mana sampailah disini dari ceritanya aja sdh menggiurkan n aku mau bikin sore ini. Aku sdh pernah bikin jg black forest kukus dapur vinro bener-bener yummy....Iva

    BalasHapus