Rabu, 15 Oktober 2014

Brownies Sungai - Triple Choco Brownies

Ini brownies yang masih happening di grup fb ncc, resep milik Ummu Allegra ini banyak yang bilang enak dan unik di toppingnya karena berbentuk aliran sungai cokelat. Daripada penasaran ikut nyobain aah (makasih Ummu Allegra sudah berbagi resep):



TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZZZ... 

Resep by Ummu Allegra
Modifikasi dari resep di Femina Primarasa

Bahan dan alat:
6-7 butir telur ayam (DV pake 6 butir telur)
400 gram gula pasir (DV: 300 gram)
250 gram gula palem (kalau ga ada bisa pakai gula merah yang dicincang kecil)
225 ml minyak goreng
1-2 st vanili bubuk atau vanili pasta (DV: 1 sdt)
150-200 gram coklat blok yang dark, potong dadu kecil, tim hingga leleh (DV: 200 gr milk CC)
DV nambahin 1/2 sdt garam

Sesukanya : Choco chip untuk campuran dalam brownies dan untuk taburan. Boleh ditambahkan bahan lain untuk topping, seperti almond atau kenari.

400 gram terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru),
ayak dengan :
1 st baking powder
1 1/2 st soda kue (DV ga pake)
50 gram cocoa (coklat bubuk).

How to :
1. Panaskan oven suhu 190°C. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan paling rendah, cukup 2-3 menit saja, hanya sampai gula cukup larut saja. Saat dikocok, mikser harus digerakkan bolak balik, jangan searah biar brownies ga jadi cake yang mengembang.. (DV: ga pake mixer listrik cukup aduk pake whisker dan centong kayu aja)

2. Masukkan campuran terigu-cocoa-baking powder-soda kue sambil dimikser bolak balik juga. Masukkan minyak, aduk rata. Ingat, mikser harus selalu bolak-balik dan jangan searah kayak bikin cake ya... Masukkan choco chip sesukanya...

3. Terakhir, masukkan coklat blok yang sudah dilelehkan. Sisakan sekitar 3-5 sendok makan untuk bikin sungai coklat... 

4. Bagi adonan, tuang ke dalam 3 buah loyang 10x30 cm atau 2 buah loyang 22x22x4 cm, yang telah dialasi kertas roti dan diolesi minyak/mentega. Beri aliran2 coklat dari coklat leleh, buat gurat2 dengan spatula atau sendok. Taburkan topping choco chip, almond atau kenari.

5. Panggang sampai matang jangan kekeringan. Jadi saat bagian atas brownies sudah terasa keras namun kalau ditekan masih terasa agak empuk, itu biasanya brownies sudah set.

Tips untuk memanggang agar dapat shiny crust di bagian atasnya:

-  panaskan oven suhu 190°C selama kurang lebih 15-20 menit (jadi ketika kita mulai mau mengocok adonan, kita nyalakan dulu ovennya suhu 190°C , kalau yg pakai otang alias oven tangkring, apinya hampir besar, jangan yg paling besar, jadi api sedang tapi digedein dikit).

-  Masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. Lalu turunkan suhu ke 150°C (kalau otang api sedang agak kecil) . Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 20-25 menit. Jangan ditambah waktu terlalu lama ya, walau brownies terasa masih menul2 empuk, karena nanti kalau terlalu kering brownies malah bisa jadi keras... Nanti brownies akan mengeras sendiri ketika mendingin, karena kandungan coklat dan gula yang banyak.

Ini dia brownies sungaiku, tapi aliran sungainya ga keliatan hehehe... masih pengen coba lagi deh karena enaak:D



Brownies paling enak disantap setelah menginap 1-2 hari, tapi kalo masih nyisa:D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar