Rabu, 15 Oktober 2014

Ayam Kodok

Ayam Kodokku


Ayam Kodok?? Binatang apakah itu hehehe. Awalnya aku geli dengar makanan namanya ayam kodok, itu sudah bertahun lalu dan aku belum berkesempatan melihat langsung dan mencicipinya. Jadi saat NCC Cibubur ngajakin latbar aydok semangat dong pengen ikut walopun agak pesimis apakah aku akan telaten dan berhasil mengerjakannya... aah kan temen2 latbar termasuk suhu2nya asyik2 dan helpfull banget... berangkatt! :)

Aku dateng ke latbar agak telat dimana teman2 sudah mulai sibuk menguliti ayam... waaks!! Segera deh mepet suhu Lia minta instruksi cepat nih ayam harus diapain aja hehehe... untung bisa mengejar ketertinggalan walopun ayamku masuk antrian kukusan dan oven belakangan:-p

Ohya resep pake punya mbak Endang JTT: http://www.justtryandtaste.com/2012/11/yuk-membuat-ayam-kodok.html

Alesannya karena lebih ekonomis untuk latihan... daging ayamnya lebih banyak dibandingkan daging sapinya hehehe... coba kalo pake resep NCC yang dagingnya banyakan waah itu mah entar aja klo dah jago:)

Ini foto2 seru proses pembuatan ayam kodok yg diantaranya hasil jepretanku juga dengan kamera suhu Lia, foto udah dirangkum mba Febry (thanks mba! ijin nyulik potoh hihihi) :


Nah kalo ini aku minta mba Ayu untuk njepret jempol2ku menjahit ayam hihihi (thanks mba Ayu!)


Jadi singkatnya ayam kodok di latbar ini adalah ayam yang dikuliti tinggal kulit, sayap dan paha, sedangkan daging & tulang dikeluarkan semua. Proses menguliti ayam lewat  lubang di leher ayam. Otot dan lemak ayam sekitar ketiak ayam dihilangkan sampai sendi sayap ayam lepas... seterusnya lemak dan otot lainnya.. terus sampai bagian brutu alias ekor ayam, bagian ini perlu agak hati2 karena seperti latbar kemarin ada kejadian lucu... ada teman yang asyik menguliti ayam sampai ga sadar memotong ekor dan menghilangkannya wkwkwk, ada juga yang ekornya kepotong trus dijahit eh kebalik ngadepnya wkwkwk seruuu deh:D

Ok, next jahit kulit ayam sampai rapi ga bolong2 dan sisakan bukaan di bawah ekor ayam setelah itu kulit ayam segera rendam di air biar kulit tetap segar.

Berikutnya daging ayam di-fillet terus digiling, campur dengan daging sapi giling, bumbu2 mirip resep rollade daging, telur kocok lepas dan roti tawar yang telah direndam susu, campur rata dan masukkan ke dalam kulit ayam lewat lubang yang disisakan. Agar ayam kodok tambah sexy bohay masukkan 4 butir telur rebus di 4 sudut body ayam, rapikan, angkat kaki ayam agar isian masuk turun ke bawah dan lubang segera bisa dijahit rapi. Letakkan di loyang.

Ayam dioles dengan bumbu oles, kukus dan oven sampai kecokelatan. Sajikan dengan sayur2an rebus: wortel, buncis, kemudian selada dan kentang goreng. Sajikan bersama saus. Benar2 yummy dan artistik ternyatah!

Satu lagi... eeeh aku berhasil bikin ayam kodok! makasih para suhu dan teman2 NCC Cibubur, lop u pul :D


Nih irisan ayam kodokku:D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar