Selasa, 29 April 2014

Telor Asin Homemade


NCC memang bikin tambah pinter, hemat pulak... Suatu hari Bu Fat sharing cara bikin telur asin yang simpel dan agak nyeleneh dari biasanya yang ribed pake bubuk batu bata, abu dan garam... Lah ini resepnya cuma air, garam dan kesabaran hahaha.... Bu Guru... saya lapor.... ini ndog asin saya:)

 TELUR ASIN
Penulis: Fatmah Bahalwan
Bahan:
12 btr    telur bebek
500 gr    garam kasar
1,5ltr      air

Cara membuatnya:
1.       Aduk garam dan air hingga garam larut. Tuang kedalam toples.
2.       Masukkan telur bebek kedalamnya, hingga terendam semua. Tutup.
3.       Diamkan selama duapuluh satu hari. Angkat
4.       Kukus, atau rebus selama 30 menit. Angkat, dinginkan.

Ini penampang telor di hari ke-19 .... ga nahan nunggu 21 hari wkwkwk... but it's OK :D


Bahkan ada calon masir yang aku panen di hari ke-16.... malah ga gitu asin jadi guriiih..
Yang telor ayam juga jadinya gurih, tapi telor ayam yang dipanen pada hari ke-19 putihnya uasin hahaha... Memang telor asin dipanen pada hari yang sama wadah yang sama tingkat keasinan dan kemasirannya berbeda... yaa telor kan keluar dari macam2 bebek/ayam bukan cetakan pabrik hihihi

Catatan:
- Aku cukup kesulitan untuk melarutkan air garamnya jadi aku pakai cara merebus air dengan garam sampai selarutnya, biarkan dingin, baru masukkan telurnya (untuk 1 resep aku masukkan 15 butir telur bebek dan 2 butir telur ayam, pokoknya muat rata-rata 17-18 telur)
- Telor bebek mentah dibeli di Pasar Pocong VNI @Rp2.400, garam sekilo Rp4.000 (bisa buat 2 resep)... Telor asin bebek rata2 dijual Rp4.000... so lorasin homemade irit kan? Yuk bikin yuuk:D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar