Halaman

Selasa, 25 Maret 2014

Egg Tart (Pie Susu)


Naksiiiir berat sama resep egg tart (pie susu) punya mbak Ricke: http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2013/01/egg-tart-pie-susu.html . Resep sampai diprint berkali-kali, direnungi, cetakan pie pun sudah mejeng di meja.... tapiiii sekian bulan pula cuma deg-degan, ragu-ragu, ga bikin2 takut ga berhasil hehehe...

Wiken kemarin entah ada angin apa, tiba-tiba punya tekad bulat untuk mencobanya... Ya ampooon, ternyata simpel so simpel cepet banget bikinnya.. dibantu asisten nyetak crustnya sempet galau juga masih belum tahu seberapa tebal kulit pie seharusnya... Jadilah ada yang tipiis.. eh ada juga yang tuebel hahaha... akibatnya isiannya juga beragam banyak sedikitnya tergantung kulit hehehe.

Di resep disuruh nuang filling penuh, tapi aku takut-takut bakalan luber... Owalaah kebalik, jadi pas mateng si kulit pie malah mengembang dan isinya menyusut.... qqqqqq.... kalo tau gitu kan kulit pienya ga usah ketebelan:D

Singkatnya pie mateng jadi sekitar 30 lebih... dan asliii... uenaaak!! Trims mbak Ricke.. anak2 doyaan, temen2 syuuka :D


Egg Tart (Pie Susu)
by Ricke Indriani

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang (DV: ga dioles apa2). Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas (DV: pake 7 kutel) besok2 mau nyobain 6 ah :D
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar